blog guru dan pembelajaran

SEBAGAI ORANGTUA

Sebagai orangtua, pernahkah merasa marah, jengkel dan frustasi saat mengasuh anak Anda? Kalau mau jujur, kita sebagai orangtua pasti menjawab PERNAH :)Kebanyakan setelah marah, kita sadar bahwa hal itu tidak baik dan kadang kita menyesalinya. Apa solusinya?

Nah ini ada artikel baru tentang hal ini yang berjudul “Emosi Negatif yang Kerap Muncul dalam Menghadapi Masa Sulit Pengasuhan”

Situasi/masa sulit dalam mengasuh anak merupakan sebuah fakta yang memang biasa terjadi dalam pengasuhan anak. Fakta ini bisa direaksi berbeda oleh orangtua yang berbeda.

Kebanyakan reaksi dari kita ketika menghadapi masa sulit pengasuhan adalah sama yaitu marah, jengkel, dan frustasi. Tapi ada juga sebagian orangtua lainnya bisa menghadapinya dengan tenang, kepala dingin dan sabar.

Apa perbedaan dari kedua orang ini ?

Perbedaannya adalah pada kesadaran akan pilihan untuk bereaksi. Reaksi yang kita pilih merupakan hasil dari program bawah sadar yang sudah terbentuk karena pengalaman masa lalu kita maupun dari pola asuh dari orangtua kita.

Jika pengalaman masa lalu dan pola asuh itu positif maka kita bisa menghadapi masa sulit dengan mudah tapi jika
pengalaman masa lalu dan pola asuh itu penuh traumatis maka masa sulit akan direaksi dengan keras juga.

Jadi kuncinya adalah menetralisir akar masalah pembentuk program pikiran kita. Kita boleh saja memiliki beragam strategi pengasuhan dan beribu teknik menghadapi anak tapi jika program pikiran kita salah tetap saja reaksi yang kita tampilkan juga akan kurang tepat.

Apapun situasinya, jika kita telah membereskan hambatan mental dan memprogram pikiran dengan positif maka kita akan menghadapi masa sulit itu dengan mudah. (sumber:SEKOLAH ORANGTUA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: