blog guru dan pembelajaran

PERSIAPAN MENGAJAR

Mengajar adalah melayani. Sebuah pelayanan yang baik tentu saja membutuhkan persiapan yang matang. Apa yang dipersiapkan? Materi dan kegiatan tentu saja menjadi komponen utamanya. Yang lainnya adalah kondisi fisik dan emosi. Dua hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

a. Materi
Ada dua sudut pandang terhadap materi pembelajaran. Yang pertama sebagai sebuah tujuan. ini berhubungan dengan penguasaan konten materi. Yang kedua, materi pembelajaran merupakan sarana untuk mengembangkan softskills dan keterampilan belajar (how to learn). Softskills dan keterampilan belajar dikembangkan dalam proses penguasaan materi.
Dua sudut pandang ini akan mempengaruhi pemilihan kegiatan pembelajaran. Belajar bukan sekedar menguasai materi tetapi juga mengembangkan berbagai kemampuan. Kemampuan-kemampuan tersebut, softskills dan keterampilan belajar, merupakan keterampilan dasar yang bersifat umum dan aplikatif.
Beberapa hal yang diperhatikan dalam pemilihan materi:
ä Kesesuaian dengan kebutuhan anak
ä Kesesuaian dengan tahap perkembangan anak
ä Kesesuaian dengan kondisi alam dan sosial
ä Alokasi waktu yang dibutuhkan
ä Urutan pemberian materi
ä Pemilahan antara materi yang sangat penting, penting, dan kurang penting
ä Tema pembelajaran, untuk yang bersifat tematis
Materi utama berdasarkan kurikulum nasional yang berlaku. Materi tersebut bersifat cair, tidak terpaku pada apa yang tercantum dalam kurikulum. Materi dikembangkan secara mendalam dan juga melebar.
Materi bisa dilebarkan secara integral dengan materi yang lain, bisa juga memperkaya anak dengan membuatnya lebih dalam. Tekniknya bisa dengan membuat kegiatan yang melibatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan yang dimaksud diantaranya aplikasi, analisa, sintesa, dan evaluasi.
Aplikasi dapat diartikan dengan kemampuan menggunakan pengetahuan dalam keadaan yang berbeda, misalnya menggabungkan dua fakta atau lebih menjadi sebuah hal baru. Contoh kegiatannya antara lain membuat diorama atau surat.
Analisis merupakan kemampuan memisahkan sebuah atau beberapa fakta dari fakta yang lebih besar. Misalnya membuat teka-teki silang dan grafik.
Sintetis adalah kebalikan dari analisis. Dalam sintesis dituntut kemampuan untuk menggabungkan beberapa fakta sehingga menghasilkan hal yang baru. Contohnya membuat desain rumah ramah lingkungan.
Tahap tertinggi, evaluasi, merupakan kemampuan untuk menilai, menimbang, dan memberikan putusan. Misalnya memberikan masukan kepada pemerintah daerah tentang cara mengatasi banjir.
Ketika akan masuk kelas, guru sudah mempunyai materi ajar dan bagaimana cara mengajarkannya. Bahkan jauh sebelumnya, sudah ada rencana penyampaian materi untuk satu tahun ajaran.
Bahan dan sumber belajar juga harus dipastikan siap untuk digunakan. Menjadi sebuah prosedur pribadi untuk memastikan rencana pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

b. Ketahanan Fisik dan Emosi
Kegiatan belajar dengan banyak aktivitas dan semua implikasi yang mengikutinya, membutuhkan stamina tubuh yang prima. Ada tuntutan untuk selalu tampil all out, menampilkan sikap tubuh yang penuh optimisme dan ceria. Rasa lelah dan loyo tidak semestinya ditunjukkan kepada anak, apalagi secara verbal. Jadi, sebelum masuk kelas, pastikan bahwa kondisi tubuh memang layak mengajar.
Bukan hanya tampilan fisik, kondisi psikologis dan emosipun mempengaruhi kinerja. Ketika di kelas, total energi fokus pada anak. Masalah yang ada sedapat mungkin dilupakan terlebih dahulu, apapun masalahnya. Siapkan pula untuk menghadapi semua kondisi yang bisa jadi tidak terduga. Bersifatlah fleksibel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: